Kopi Aceh -- Ulee Kareng dan Gayo

0 Comments
KOPI ACEH

Bagi anda pecinta kopi, tentunya kopi Aceh merupakan jenis kopi yang patut dicoba. Selain rasanya yang nikmat dan akan membuat para penikmatnya ketagihan. Kopi Aceh merupakan bijian kopi yang dibawa oleh seoraqng pengusaha Belanda yang masuk ke Aceh pada abad XVII. Dalam dunia kopi terdapat 2 jenis yaitu kopi Arabica dan kopi Robusta. Bijian kopi ini pada akhirnya dibudidayakan oleh masyarakat setempat dan merupakan salah satu hasil mata pencaharian yang dapat diandalkan. Kopi jenis Arabica dibudidayakan di dataran tinggi seperti Gayo. Sedangkan kopi jenis Robusta berada di wilayah Aceh Barat. Dengan kondisi alam yang subur, Aceh menjadikan biji kopi sebagai sumber pemasukan bagi warga setempat, dengan memaksimalkan kualitas yang tinggi dan menjadikan Indonesia pengekspor biji kopi keempat terbesar di dunia. Bahkan Aceh mampu menghasilkan40% biji kopi jenis Arabica tingkat premium dari total panen di Indonesia.


Kopi Ulee Kareng
Nama jenis kopi Ulee Kareng ini diambil dari salah satu kecamatan Banda Ace\eh. Jika anda berkunjung ke daerah ini, pastikan anda mampir dan mencicipi kopi yang terkenal dengan warnanya yang sangat pekat. Biji kopi Ulee Kareng diproduksi oleh penduduk setempat setelah melewati proses penggilingan yang unik dan disaring menjadi minuman. Aroma dari kopi Ulee Kareng sangat melegenda di Indonesia bahkan mendunia baik itu dikalangan internasional maupun lokal. Proses penggilingan tersebut pertama dioven selama 4 jam lalu setelah mencapat kematangan 40% biji kopi dicampur dengan gula. Biji kopi dimasak, digiling sampai halus. Proses inilah yang membuat aroma kopi menjadi harum dan bersih serta tidak asam.






Kopi Gayo
Kopi Gayo berasal dari sebuah nama suku yang mendiami daerah tersebut. Sama seperti kopi Ulee Kareng dimana masyarakatnya menjadikan kopim sebagai komoditi ungggulan. Kopi Gayo memiliki cita rasa yang digemari banyak kalangan. Keunggulannya adalah aroma dan rasa yang sangat khas, serta rasa kopi yang tidak pahit. Tradisi meminum kopi terus dijalani turun temurun, diantaranya kedai kopi di Aceh sebagai ajang berkumpul, bertemu dan bersosialisasi dengan kerabat.



Jika anda tertarik untuk menikmati kopi jenis Ulee Kareng dan Gayo, anda dapat menyempatkan diri untuk berkunjung ke salah satu rumah makan Aceh, “Rumoh Mie Aceh” yang berlokasi di kompleks Kosambi Baru. Disini anda dapat menikmati 4 jenis kopi, yaitu Gayo Robusta, Gayo Arabika, Ulee Kareng, dan Samalanga. Tidak hanya mencicipi kopi nikmat, tetapi adna juga bisa mencoba menyantap mie bercitarasa Aceh yang sedap. Martabak dan roti cane yang lezat juga menjadi pelengkap menu pada restoran khas Aceh ini. Jika anda penasaran untuk menikmati kopi dan makanan khas Aceh, pastikan anda datang ke Rumoh Mie Aceh untuk mendapatkan pengalaman kuliner yang tak terlupakan.


You may also like

Powered by Blogger.